IT Governance

Tata Kelola Teknologi Informasi adalah suatu cabang dari tata kelola perusahaan yang terfokus pada sistem teknologi informasi (TI) serta manajemen kinerja dan risikonya. Meningkatnya minat pada tata kelola TI sebagian besar muncul karena adanya kepatuhan serta semakin diakuinya kemudahan proyek TI untuk lepas kendali yang dapat berakibat besar terhadap kinerja suatu organisasi.

Tema utama diskusi tata kelola TI adalah bahwa teknologi informasi tidak bisa lagi menjadi suatu kotak hitam. Secara tradisional, penanganan pengambilan keputusan kunci di bidang teknologi informasi diberikan kepada para profesional TI karena keterbatasan pengalaman teknis eksekutif lain di tingkatan direksi perusahaan serta karena kompleksitas sistem TI itu sendiri.

Tata kelola TI membangun suatu sistem yang semua pemangku kepentingannya, termasuk direksi dan komisaris serta pengguna internal dan bagian terkait seperti keuangan, dapat memberikan masukan yang diperlukan untuk proses pengambilan keputusan. Hal ini mencegah satu pihak tertentu, biasanya TI, disalahkan untuk suatu keputusan yang salah. Hal ini juga mencegah munculnya keluhan dari pengguna di belakang hari mengenai sistem yang tak memberikan hasil atau kinerja sesuai yang diharapkan.

Tujuan dari pembuatan Tata Kelola Teknologi informasi adalah :
Membuat panduan terhadap arah pengelolaan dan pengembangan TIK di lingkungan suatu organisasi, menekan seminimal mungkin kondisi “salah kelola” terhadap semua sumber daya TIK yang ada sehingga dapat dikurangi kondisi “over invesment” , dalam setiap proses pengadaan dan pengembangan TIK dilingkungan suatu organisasi, mengukur tingkat optimalisasi pengelolaan sumber daya TIK di lingkungan suatu organisasi.

Keluaran dari Jasa ini Antara lain adalah
Pemetaan kondisi saat ini (current condition) sistem TIK di lingkungan organisasi, pengukuran tingkat kematangan semua komponen didalam sistem TIK di lingkungan organisasi, Panduan berupa solusi/rekomendasi dalam meningkatkan level kematangan (maturity levels) disetiap lini dalam sistem TIK dilingkungan organisasi.