IT Blue Print / IT Master Plan

Adalah kerangka kerja terperinci sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan oleh setiap unit di lingkungan kerja. Dikenal juga dengan beberapa istilah IT Master Plan atau Rencana Induk Teknologi Informasi.

Tujuan dari disusunnya IT Master Plan ini adalah sebagai berikut :
Pengelolaan dari aset IT yang mahal, mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau kekurangan investasi (under investment) di bidang aset IT, Memperbaiki komunikasi antara domain bisnis dan domain IT (pengelola IT), Menselaraskan perencanaan it dengan perencanaan bisnis, Perencanaan arus informasi dan proses, Pengalokasian sumber daya IT secara efisien dan efektif, Mengurangi waktu dan biaya dari life cycle Sistem Informasi.

Keluaran dari Penyusunan Rencana Induk Teknologi Informasi adalah :
Perencanaan Information System Strategic Plan, Perencanaan Infrastructure Strategic Plan, Perencanaan Manajemen IT yang terdiri dari : Kebijakan-kebijakan IT dan Prosedur-prosedur TI, Organisasi pengelola TI, SDM, Operasional dan service, Portfolio kegiatan TI, berikut perkiraan biayanya.